Minggu, 12 Oktober 2008

Tips menjawab pertanyaan krusial soal Gaji


Banyak pelamar yang merasa bingung jika ditanyakan soal berapa besar gaji yang diharapkannya...

biasanya pertanyaannya begini :
berapa besar gaji dan tunjangan apa saja yang anda harapkan jika anda diterima bekerja di perusahaan ini ?

pada awalnya dulu, saya juga merasa sangat kebingungan, ada beberapa alternatif yang saya pikirkan sebagai jawaban yang mungkin saya jawab

  1. Sesuai dengan gaji standar perusahaan dan jobdesc saya dan tunjangan yang sama dengan lainnya...
  2. Terserah kepada perusahaan ingin menggaji saya berapa...
  3. Saya minta gaji awal 2 juta dan saya ingin mendapatkan tunjangan transportasi, makan, kesehatan, bla bla bla, dll
Ternyata dari jawaban yang terpikirkan tersebut ada sesuatu yang mesti kita perhatikan :
  1. kalo minta gaji standar perusahaan, nanti pas dikasih gaji kecil dan kita protes, mereka bisa aja jawab "kan sudah sesuai dengan jobdesc kamu"
  2. ditanya kok balik nanya?
  3. nah ini jawaban yang dicari tukang interviewnya, alasannya adalah dengan meminta gaji pasti, maka si pelamar yakin dengan kemampuannya untuk ditempatkan pada posisi yang diinginkan
jadi buat semua para pelamar kerja PD aja minta gaji besar juga, toh itu yang diharapkan, biasanya setelah diterima akan diberitahu berapa besar gajinya...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Lumayan juga tipsnya. Tapi harus dipikirkan juga bahwa kita adalah warga negara yang berkewajiban membayar pajak. Oleh karenanya pajak penghasilan juga harus masuk itung-itungan sebelum negosiasi tentang gaji.