Selasa, 30 September 2008

Tips membuat surat lamaran kerja

Perbaiki Surat Lamaran Yang Lo Bikin


Banyak dari kita yang masih menulis surat lamaran dengan :

Berikut ini saya lampirkan :
1. Ijazah
2. Daftar riwayat hidup / CV
3. KTP
4. SKKB
5. Surat keterangan sehat
6. Pas Foto
7. Sertifikat

Pahamilah, itu adalah gaya penulisan surat lamaran semenjak saya SD. Dunia terus berubah. Rubahlah gaya penulisan surat lamaran anda, karena tanpa diberi tahu, dokumen yang anda lampirkan pastibisa diketahui. Lebih baik anda masukkan hal-hal berikut ini :

1. Tuliskan nama & alamat jelas serta telepon yang bisa dihubungi, seperti:
“Diana Maelawati”,
Jl….[disensor, takut didateng-in]


2. Alamat yang jelas contohnya sebagai berikut :
Ada nama jalan : Jl. Dewi Sartika No. 35
Ada domisili : RT 4/8 Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur.
Ada kode pos : 17113

Kalau anda merasa RT/RW rasanya kurang bonafid, kelurahan saja. Saya pikir lebih baik kurang bonafid daripada panggilan kerja jadi nyasar. Karena bisa saja nomor rumah sama, hanya dibedakan RT dan RW.

3. Saya sebel banget kalau ada pelamar yang nulis alamat seperti :
Jl. Angsana 4 Bekasi. [Lha memangnya jalan angsana terkenal banget]
Perumahan Villa Bekasi Indah Bekasi…[Memangnya semua rumah di Villa Bekasi Indah rumahnya…]


4. Terangkan dari mana anda tahu iklannya, seperti:
“Sesuai dengan informasi kebutuhan tenaga kerja pada ‘POLTEKPOS Indonesia’…”

5. Terangkan mengapa anda berniat melamar pekerjaan, seperti:
“Karena sesuai dengan pengalaman, latar belakang pendidikan dan perencanaan karir saya

6. Terangkan siapa diri anda, seperti :
“Saya lulusan DIII Teknik Informatika berusia 25 tahun, menguasai…”

7. Terangkan kemampuan anda, seperti:
“Saya menguasai bahasa pemrogramman Microsoft Visual Basic sampai tingkat pemanfaatan database Client-Server, Web Programming dengan Active Server Pages dan CGI serta Networking Microsoft Windows NT, Windows 2000 dan Novell Netware”

8. Ucapkan thanks, seperti:
“Saya berharap dapat berinteraksi dan memberikan kemampuan terbaik saya bagi perusahaan. Atas perhatian bapak/ibu saya ucapkan terima kasih.”

9. Identity & signature of Applicant, seperti:
“Sincerely Yours”, “Hormat Kami”

10. Lamaran diketik rapi, kecuali diminta ditulis tangan.

11. Masukkan ke amplop yang bersih dan tidak kusut.
Daripada kusut, lebih baik beli lagi, toh cuma Rp. 1000,-

12. Beri Alamat yang dituju dibagian kanan bawah,
berikut UP [Untuk perhatian] pada siapa surat lamaran kita tujukan.

13. Beri nama dan alamat kita pada bagian kiri atas, berikut Kode Posisi.

Tidak ada komentar: